KARMANN Ghia merupakan hasil kerja sama dua negara. Desainnya digarap Luigi Segre dari Italian Carrozzeria Ghia, sementara rancang bangun bodinya digarap Karmann dari Jerman dan mesinnya dipasok VW dengan kapasitas antara 1.200 cc hingga 1.500 cc Tipe pertama Karmann Ghia diluncurkan dari pabriknya di Osnabruck, Jerman, pada Agustus 1955 dan diproduksi terakhir di Brazil pada tahun 1975.
Mobil sport ini lahir karena adanya perubahan permintaan konsumen setelah perang dunia ke dua. Konsumen tidak lagi membutuhkan kendaraan sebagai sarana transportasi saja, tetapi juga membutuhkan mobil yang bisa dipakai untuk bergaya dan tampil modis.
VW berupaya masuk ke pasar dengan menggandeng pakar rancang bangun kendaraan Karmann. Perusa-haan ini kemudian menjalin kerja sama dengan rumah desain Ghia yang ahli dalam merancang mobil sport
Ghia mengajukan desain mobil sport karya Luigi Segre yang semula ditujukan untuk produsen mobil Chrysler atau Studebaker. Mobil produksi kerja sama ini mengawali debutnya di Paris Auto Show 1953. Karena harganya yang relatif murah untuk ukuran mobil sport, pada tahun pertama penjualannya mencapai 10.000 unit
Pada Agustus 1957 VW memproduksi versi cabriolet (convertible) yang dilanjutkan dengan melakukan perubahan eksterior pada tahun 1961 sehingga terlihat dinamis. Pada tahun yang sama, VW memproduksi Karmann Ghia tipe 34 dan TC yang disebut sebagai special edition. Tipe 34 khusus diproduksi untuk kalangan kaya dan TC untuk pasar Brazil
Desain tipe 34 dikerjakan Sergio Sar-torelli dari Italia. Filosofinya adalah membuat Karmann Ghia menjadi mobil paling kencang, mewah, dan mahal dijajaran produk VW saat itu. Varian 34 tidak lagi menggunakan mesin 1.192 cc, tetapi dapur pacu 1.500 cc.
VW pada tahun 1963 memproduksi model Karmann Ghia tipe 34 yang menggunakan sun roof yang desainnya mengadopsi rancangan milik Porsche. Kelebihannya dibandingkan dengan varian 34 standar adalah desain interiornya yang lebih lega.
Varian Karmann Ghia tipe 34 tidak diproduksi dalamjumlah banyak karena harganya yang mahal. Jumlah totalnya selama produksi tahun 1961 hingga 1969 adalah 42.504 unit Karena jumlahnya yang tidak banyak, tipe 34 masuk kategori koleksi langka. Sebagai ganti varian 34, VW memproduksi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar